Jumat, 27 Januari 2012

MENARA BIG BAND MENGLAMI KEMIRINGAN


Baru-baru ini kabar cukup mengejutkan datang dari negeri Ratu Elizabeth, Inggris. Menara sekaligus landmark kebanggaan mereka, Big Ben dilaporkan kian condong miring ke arah barat laut.

Seperti dilansir dari BBC News, Jumat (27/1/2012), London Parlement and Underground Parliamenary Estates mengungkapkan Big Ben yang juga dikenal sebagai jam raksasa Inggris ini mengalami kemiringan 0,26 derajat. Terakhir pada 2003, Big Ben dilaporkan mengalami kemiringan sekira 0,55 meter.

Meski disebutkan kemiringannya masih sangat jauh jika dibandingkan Menara Pisa, Italia. Masyarakat setempat cukup merasa khawatir akan kemiringan yang makin terlihat jelas dari tahun ke tahun, apalagi mengingat tinggi menara yang hampir mencapai 100 meter.

Sekadar informasi, Big Ben bukan merupakan nama sebenarnya dari menara ini. Yang dimaksud Big Ben adalah nama lonceng yang terdapat dalam menara yang disebut Menara St Stephen. Sebagian besar struktur bangunannya menggunakan bata dan kapur. Dengan puncak menara berbingkai besi cor, dan terdapat 334 anak tangga sebagai jalan untuk naik ke bagian paling atas menara.

Big Ben atau yang juga sering disebut Clock Tower sendiri dirancang oleh arsitek Augustus Pugin, dan keseluruhan pembangunannya rampung pada 1859.
(rhs)okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar