Rabu, 12 September 2012





"Menuju Era Baru Ekonomi Regional Pasifik"

Pulau Morotai, yang disebut sebagai "Mutiara di bibir Pasifik", diharapkan dapat memanfaatkan ajang Sail Morotai 2012 sebagai momentum dalam mengaktualisasikan semangat gerbang Pasifik. di sisi lain Morotai juga memiliki kawasan kelautan dan pulau-pulau kecil yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan industri maritim dan kawasan wisata bahari serta sejarah. Ketersediaan stok sumber daya ikan yang beragam dan ketersediaan sektor budidaya perikanan laut, kawasan pesisir dan laut, sangat memungkinkan untuk mendorong perekonomian daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Sail Morotai 2012 kali ini mengangkat tema "Menuju Era Baru Ekonomi Regional Pasifik" dengan logo yang menggambarkan Perahu Layar bertuliskan "Sail Morotai 2012"  sedangkan untuk maskot Sail Morotai 2012 adalah Burung Bidadari yang merupakan spesies langka dan dilindungi di Provinsi Maluku Utara.  Burung ini melambangkan keindahan panorama, keunikan dan keragaman potensi kepariwisataan Maluku Utara. Sayapnya yang membentang mengandung arti keterbukaan masyarakan Maluku Utara. Hal ini merupakan bentuk komitmen terhadap pembangunan Pulau Morotai sebagai gerbang ekonomi dikawasan Pasifik.
Kegiatan acara Sail Morotai 2012 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia, dan merupakan kelanjutan dari kegiatan Sail Indonesia yang telah dilaksanakan beberapa tahun sebelumnya. sejalan dengan penyelenggaraan WOC (World Ocean Conference) di Manado Sulawesi Utara, nama sail Indonesia mulai kemas sesuai dengan daerah tempat penyelenggaraannya, seperti Sail Bunaken pada tahun 2009 yang dipusatkan di Manado dan Bitung Sulawesi Utara, Sail Banda pada tahun 2012 di Ambon Maluku, dan Sail Wakatobi-Belitong pada tahun 2011 di Wakatobi Sulawesi Tenggara dan Belitung Kepulauan Bangka Belitung.
Dengan terbitnya KEPRES Nomor 4 tahun 2012 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Sail Morotai 2012, Pelaksanaan Sail Morotai 2012 diharapkan dapat membantu percepatan pembangunana dan pengembangan potensi sumber daya kelautan dengan event-event utama yang akan dilaksanakan seperti : Upacara Perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-67 di Pulau Terluar, Kegiatan Bakti Sosial dan Pelayanan Sosial, Kegiatan Kesejahteraan Rakyat Nusantara, Bakti Kesejahteraan Rakyat Nusantara dan BUMN Peduli Morotai, Yacth Rally, Seminar Nasional dan Internasional, Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari, Pameran Potensi Daerah, Olah Raga Kelautan, Pertunjukan Kebudayaan dan Atraksi Pariwisata, serta event-event pendukung yang meliputi Ekspo, Pelayaran Rakyat dan Kampanye Bersih Laut, Festival Seni dan Budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar